Seberapa kenceng ni Mustang dengan hampir semua panel diganti carbon fiber ya? Foto: Autoblogs

Fungsi pengurangan beban (weight reduction) di mobil, khususnya di ajang motorsport, udah jelas lah: lebih ringan beban yang mesti digerakkan oleh tenaga mobil, maka semakin cepat mobil bisa melaju. Perlu diingat juga, bahwa #modif mobil juga ada yang mengakibatkan beban mobil bertambah, misalnya penambahan strut bar. Jadi dengan diet, juga membantu meng-eliminir kelebihan beban akibat #modif.

Yang saya mau bahas di sini sebenernya sih simpel aja:  item apa aja yang bisa di-diet-kan dan gimana caranya. Secara garis besar, resepnya sih gampang: copot semua hal yang gak terlalu penting atau ganti dengan part substitusi yang berbobot lebih ringan.

Tapi apa aja komponennya sih? Tau gak efek lain penggantian parts tersebut?

1. Komponen mesin

Banyak sekali nih daftarnya, barang-barang printilan berderet panjang. Dari mulai jeroan mesin (per klep, piston, dll) yang berbahan lebih enteng, sampe baut pun bisa. Radiator bisa ganti yang berbahan aluminium lebih ringan. Pipa-pipa baja bisa ganti stainless atau aluminium. Tutup radiator, tatakan aki, komponen AC, semua bisa diganti yang lebih ringan. Bahkan tutup silinder/head juga ada yang berbahan lebih ringam hingga lapis carbon fiber untuk beberapa mesin.

Untuk jeroan atau beberapa barang yang terkait moving parts saat mesin bekerja, tujuan utama weight reduction bisa jadi supaya bisa bekerja lebih ringan, lebih cepat, sehingga mesin menghasilkan tenaga lebih besar. Misalnya, puli yang lebih enteng akan bikin putaran lebih enteng dan cepat. Intake aluminium, selain lebih ringan juga bikin arus udara mengalir lebih cepat daripada yang besi karena lebih licin bahannya. Masih banyak contoh lain, namun intinya, pengurangan beban di komponen-komponen ini bisa secara langsung memiliki efek ke performa mesin, bahkan banyak yang bisa naikin horse poweratau torsi.

Engine cover dry carbon merk Stout ini bolt on buat Nissan Skyline

2. Komponen body

Mungkin ini yang paling keliatan mata ya. Bagi banyak #modif harian, komponen ini fungsi gayanya lebih menonjol. Makanya barang-barangnya pun secara desain sangat mementingkan keindahan visual. Beberapa bahan substitusi lebih ringan yang sering digunakan:

– Fiber

Walaupun sudah jarang digunakan, selain untuk body kit, fiber masih bisa dianggap alternatif weight reduction. Serat + dempul jelas bisa lebih ringan daripada besi, asal dikerjakan dengan benar. Jangan sampe malah tambah berat gara-gara dempulnya kebanyakan lho…heheheh

– Carbon fiber

Sekarang bukan cuma kap mesin aja, bahkan fender, pintu, atap, spion sudah banyak tersedia aftermarket nya dalam carbon fiber. Kalo pun gak ada, sekarang udah banyak yang bisa bikin kok. Untuk perangkat body, penggunaan carbon fiber terbukti bisa mengurangi bobot partshingga 80%! Yang pasti, banyak yang kepincut pake komponen ini karena tampilannya. Apalagi sekarang udah banyak main warna.

Carbon sekarang udah warna-warni!

– Plastik

Bukan sembarang plastik, tapi plastik yang dipadatkan. Kelenturan plastik juga memberikan keuntungan tersendiri. Tapi ya jelas kalah ringan dengan carbon fiber ya. Bukannya ga bisa bikin plastik lebih ringan, cuma kalo terlalu ringan juga malah bahaya kan. Ada juga yang plastiknya dicampur dengan fiber biar lebih kuat dan tetap ringan.

– Lexan glass

Ini bahan buat pengganti kaca, yang berbahan polycarbonate glass. Di luar negeri, kaca enteng ini udah banyak diproduksi versi bolt-on nya, jadi emang khusus dibuat untuk mobil tertentu. Bukan hanya kaca samping, tapi juga kaca depan (windshield) dan kaca belakang. Faktor lubang jendela juga sudah dipikirkan. Coba liat http://www.proglasswindows.com/FlatWindows.html & http://www.lexan-windows.com/; contoh produsen kaca ini. Sayang di Indonesia belum populer. Kebanyakan mobil balap masih menggunakan polycarbon glass yang panel, bukan bolt-on.

Kaca Lexan ini udah dilengkapi jendela sliding

3. Kaki-kaki

Sama seperti mesin, penggantian komponen weight reduction di sektor ini juga kebanyakan memiliki fungsi utama untuk bikin mobil lebih rigid. Tapi komponennya gak sebanyak di mesin ya, malah kebanyakan komponen racing di kaki-kaki biasanya lebih berat daripada oem nya. Coba aja liat bushing/karet, shock breaker, per dan perangkat rem. Yang disebut upgrade biasanya berbobot lebih berat. Tapi tetep ada beberapa komponen yang bisa ngurangin berat kok. Contoh yang pasti adalah penggantian velg dengan yang lightweight. Mur roda/lug nut juga, bisa diliat di https://dejeautodistro.wordpress.com/2012/05/26/salah-pilih-lug-nut-bisa-gawat/.

4. Diet Interior

Buat mobil balap, kayanya ini harus ya. “Pembuangan” banyak komponen interior paling gampang dilakukan. Bongkar door trim, karpet, jok, ban serep, plafon, hingga dasbor, kerap dilakukan. Yup,pengurangan ini bisa memangkas beban hingga 200kg lebih lho. Efeknya jelas terasa.

Sedangkan buat mobil harian, justru paling sayang memangkas interior ya, pusat kenyamanan berkendara soalnya. Tapi beberapa substitusi seperti penggantian stir, shiftknob, jok, lumayan lah bisa diet sampe 10-15kg. Walau sebenernya sih penggantian seperti ini akan lebih berat ke tujuan kenyamanan dan style ya daripada weight reduction nya…..

Trus, sebaiknya komponen mana yang lebih dulu diganti ya? Tentang step by step nya sendiri saya rasa gak bisa diatur ya, tergantung tujuan dan selera. Ada yang pengen ganti A duluan, karena gaya, boleh aja. Atau ada yang emang pengen kenceng, jadi ganti B. Silakanan Anda tentukan sendiri, di situlah serunya #modif. Tul gak?

Carbon Kevlar nya Recaro bikin bobot jok cuma 7kg!

Note:Mungkin beberapa item butuh penjelasan lebih lanjut, mudah-mudahan nanti saya bisa bahas lebih dalam ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s