IMG_0550reIni merupakan pertama kali saya dan teman-teman AutoDistro ‘main’ ke Tokyo Auto Salon (TAS). Selama ini saya hanya baca aja di majalah modifikasi atau internet tentang ajang aftermarket modification otomotif terbesar di Asia ini. Sudah sekian lama di kepala saya terbayang-bayang betapa serunya bisa bener-bener liat langsung gimana tuner-tuner Jepun yang mendunia itu berlomba memamerkan produk dan jasa masing-masing.

Total dari lebih 300-an merk  yang berpartisipasi di TAS kali ini, terlalu banyak kalo saya bahas satu per satu. Biarkanlah itu jadi ulasan utamanya para majalah otomotif. Kita liat yang seru-seru aja ya? Akan ada beberapa seri artikel yang terkait dengan TAS 2013, simak terus!

Yang pasti, semua style diakomodir untuk berkembang.Ini sih sesuai ekspektasi saya. Dari mulai racing, elegan, VIP, extreme custom, semua mendapat tempatnya masing-masing. Tapi memang kualitasnya luar biasa. Keliatan banget kualitas yang dijual itu bener-bener bagus, unik dan sense of Japan nya emang kental. DAD, FabDesign J-Club, Wald dan beberapa tuner eleganis lain gak kalah gokil display nya dengan tuner racing macem Veilside, C-West, Hamman, HKS, Jun, Monster sports, dan lainnya. Para pecinta retro pun tetap bisa nampang dengan Honda Life, Toyota AE86 (yang full carbon fibre itu gokil banget), Datsun bluebird, Skyline tua dan lainnya. Yang lebih asik, semuanya dicampur-baur, sehingga pengunjung bisa dapet berbagai perspektif yang seru.

Mercy full kristal dari DAD. Kualitasnya bener-bener rapih!

Mercy full kristal dari DAD. Kualitasnya bener-bener rapih!

Boleh ditiru nih. keliatannya seperti asal corat-coret ya, tapibener2 pake pola design ternyata...

Boleh ditiru nih. keliatannya seperti asal corat-coret ya, tapibener2 pake pola design ternyata…

New Vitz dengan turbo. Bodikit sama turbonya bakal laris manis nih nanti di Indonesia...

New Vitz dengan turbo. Bodikit sama turbonya bakal laris manis nih nanti di Indonesia…

 

Modif ala ATPM juga semakin serius. Hampir semua ATPM buka booth untuk mengedepankan kehebatan modif para tuner khas nya. Nismo, Impul, TRD, Suzuki Sport,TOMS, Ralliart, Mugen, Prodrive dan banyak lagi liniyang kerjasama dengan ATPM ciri khasnya masing-masing, semua unjuk gigi di berbagai sektor, baik bodikit, suspensi, sampe jeroan mesin. Bahnkan Renault aja buka booth lho – maklum, dia udah diakuisi grup Nissan ya…

All New CRV Mugen. Nice!

All New CRV Mugen. Nice!

Honda bikin demo clay design, dalam rangka promo K Car barunya N One

Honda bikin demo clay design, dalam rangka promo K Car barunya N One

TOMS main2 denagn Toyota 86. Gokil, barang racing 86 banyak banget!

TOMS main2 denagn Toyota 86. Gokil, barang racing 86 banyak banget!

 

 

Yang hebat, saya perhatiin ada 3 kategori kendaraan yang memanipulasi TAS dalam pajangan modifikasi:

– Klan Toyota 86 – Subaru BRZ – Lexus LFA.Ini merupakan sportscar yang paling banyak di-modif, bahkan hampir semua tuner mengeluarkan versinya masing-masing. Bahkan Toyota menggelar gede-gedean para tuner nya di dalam satu booth besar untuk fokus menggarap berbagai hachiroku itu.

– Klan K Car. Ini memang keliatannya lagi booming lagi di Jepang dengan keluarnya berbagai tipe K Car. Bahkan Suzuki hanya memfokuskan booth nya pada K Car andalannya,Stingray.

Suzuki lagi fokus dengan StingRay nya, nice K car!

Suzuki lagi fokus dengan StingRay nya, nice K car!

– Klan Luxury car Jepun. Alphard, Elgrand dan sejenisnya menjadi banyak acuan yang digarap para tuner.

Selain tuner, tentunya paling menarik memperhatikan detail eksibisi para produsen produk aftermarket. Ini yang saya suka. Fujitsubo, Blitz, Enkei, Cusco, BBS, Rays, Wedsport, Recaro, Tein, HKS, Exedy, Endless, dan lainnya. This is what I came here for!!! Memperhatikan setiap perkembangan produk yang selama ini sudah saya perhatikan, untuk  pembelajaran saya. Nanti akan saya bahas beberapa booth dan perkembangan produk lebih detail ya…..

Velg heart ini sekarang banyak pola dan ukurannya!

Velg heart ini sekarang banyak pola dan ukurannya!

 

Sesuatu yang mengherankan, saya gak tau ini alarm penting atau gak, tapi saya perhatikan kehadiran beberapa merk Cina dan Taiwan di TAS. Mereka gak malu-malu klaim made in Taiwan lho. Bahkan beberapa produk brand Jepang sekarang sudah made in china. Misalnya produk HID andalan Top Fuel yang lagi gembar-gembor promonya, semuanya made in china!!! Demikian juga sarung tangan Volk Racing. Saya heran dengan harganya yang sangat terjangkau. Dan bener aja, made in china!

Salah satu produk jagoan Top Fuel 2013: HID made in china

Salah satu produk jagoan Top Fuel 2013: HID made in china

Apakah berarti ke depannya produk China akan semakin invasif ke Jepang? Ternyata belum tentu. Dari beberapa pembicaraan dengan perwakilan beberapa produsen, Jepang sangat bangga dengan ‘made in Japan‘ nya. Walaupun pasti harga lebih mahal, tapi mereka menjamin kualitasnya di atas rata2 industri Asia lainnya. Lini produksi yang diberikan kepada luar Jepang (baca: Cina/Taiwan) pun akan dibuat berbeda dengan di Jepang. Makanya istilah Japanese Domestic Market itu memang mesti ada, karena itulah produk-produk yang memiliki standar industri terbaik untuk dipasarkan di Jepang.

Nah, kalo buat kita yang di Indonesia, berarti sekarang ya tinggal pinter-pinter milih aja. Jadi kalo emang kualitas yang kita cari ya mesti pastikan ada made in Japan-nya di produk brand Jepang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s