IMG_3392

Gokil, Honda N600 nya rapi + keren banget pake Enkei Sport ES-Gravel R14. Ini salah satu mobil display hasil kolaborasi Enkei, Endless, Bride dan Cusco.

Gak sah kalo saya gak bahas Enkei secara khusus. Bisa dimusuhin temen-temen Enkei Enthusiast nih. Hehehe. . Mencari booth nya Enkei aja ternyata susah lho, karena ternyata Enkei sharing space dengan Bride, Cusco dan Endless. Mungkinkah ongkos sewa booth TAS yang mahal cukup jadi halangan buat Enkei jor-joran? Hehehe… Tapi toh saya liat ini juga disiasati sebagai kolaborasi yang bagus untuk display car nya. Lagipula, produk Enkei yang dipajang ternyata muat kok di space itu…

Sayang banget, selama Tokyo Auto Salon (TAS) 2013 kemarin, saya gagal ketemu Kent Suzuki. Sudah coba janjian di booth Enkei, tapi ternyata rame banget, jadi gak ketemu. Cilakanya, orang-orang Enkei yang jaga booth gak fasih English, jadi susah komunikasinya. Untung aja tersedia katalog Enkei 2013, yang emang dirilis pertama kali di TAS ini – dan jadi rebutan. Menggabungkan katalog tersebut dengan hasil bincang-bincang terakhir sama Kent di Jakarta beberapa bulan lalu, terlihat benang merah arahnya lini produk Enkei. Hampir semua yang diindikasikan Kent dulu diwujudkan. Ada beberapa yang saya catat:

Bagi yang minat katalog Enkei 2013 ini, segera kontak AutoDistro, karena stok terbatas!

Bagi yang minat katalog Enkei 2013 ini, segera kontak AutoDistro, karena stok terbatas!

1. Agresif secara unik di Motorsports/balap

Selama ini memang cara Enkei membutkikan durabilitas produknya selalu di dunia balap. Dari mulai F1 (sampe sekarang masih supply velg nya McLaren Mercedes), Super Taikyu , Drift D1GP, semua diikuti Enkei. Namun di 2013 ini ada yang sangat spesial dilakukan untuk membuktikan sekali lagi agresifitas Enkei di dunia balap; yaitu dibuatnya sebuah lini khusus yang diberi nama Specialized Wheels Project (SWP). Pakem SWP adalah berkonsentrasi menciptakan ultimate wheels buat balap tertentu. Saat ini, produk SWP baru ada 1 tipe; SR01Mg, yang dirancang khusus Nissan GTR yang akan turun di Super GT. Semua detail produksi, dari pemilihan bahan (menggunakan magnesium, bukan aluminium), cara pembuatan (forged) juga desain dan ukuran dirancang dengan seksama. Nanti kita bahas detail ya soal SR01Mg ini.

SR01Mg di Nissan GTR

SR01Mg di Nissan GTR

2. Concave mania

Yup, hampir semua velg favorit Enkei sekarang dibuatkan versi concave nya. RPF1, GTC01, RS05, semua mengeluarkan versi concave dengan lebar dan ofset agresif. Produk-produk ini diimbuhi RR di serinya, yang merupakan singkatan dari Racing Revolution atau konsep Real Racing. Salah satu produk jagoannya adalah RS05RR, yang berdesain jari-jari. Sumpah saya liat langsung concave nya dasyaaaat!!!

Concave nya RS05RR...Keren...Foto: TireRack

Concave nya RS05RR…Keren…
Foto: TireRack

3. Design Capability is Everything

Ini bukti implementasi dari pakem yang dikumandangkan Kent. Keliatan banget bahwa Enkei berusaha keras menemukan desain yang fenomenal (baca: difavoritkan publik seperti RPF1 yang laris manis hingga sekarang), tentu tetap menguatanakn function dan fashion. Perubahan desain yang cukup radikal terjadi di lini ALL, lini yang diperuntukkan bagi green cars & hybrid, di mana desain-desain sebelumnya masih sangat futuristik, cenderung kaku dan robotik. Namun sekarang, berubah. Liat aja tipe ALL Nine yang masih prototipe, menerapkan desain ala mesh dan stepped lip. Lebih abadi sekaligus up to date. Masih ada lagi ALL Four yang dirancang khusus untuk Suzuki Jimny. Ini desainnya merupakan turunan dari Enkei Sport RCG4, dan klaimnya pun siap diajak rally.  Dengan desain seperti itu, saya kok yakin itu velg ditaro di mobil selain Jimny pun masih akan ‘nendang’ yah.

Lini ALL ; perhatikan ALL Nine yang di kiri atas dan ALL Four yang di bawahnya persis.

Lini ALL ; perhatikan ALL Nine yang di kiri atas dan ALL Four yang di bawahnya persis.

4. Serius garap imports/non Japanese cars

Bukti nyatanya adalah Audi yang dijadikan jagoan display car kali ini, bersepatukan Enkei 92 ring 20. Enkei 92 yang merupakan recycle dari Enkei Mesh jaman dulu, kini diproduksi ring 20-nya dengan pcd, lebar-ofset yang secara khusus diukur buat mobil-mobil Eropa seperti Audi, Mercy, BMW, VW dan lain-lain.

Apakah desain mesh ini untuk menyaingi BBS yang belakangan naik daun lagi? Bisa jadi. Tapi terus terang, Enkei 92 di mobil Eropa ini unik banget dan gak bisa apel ke apel dengan BBS lah. Retro look dengan modern finsihing ini emang kereeeeeen!!! Siapa yang bakal pertama pake di Indonesia ya?

Enkei 92; hanya tersedia R15 dan R20. Yang minat jadi pemakai R20 nya pertama di Indonesia, kontak AutoDistro ya...

Enkei 92; hanya tersedia R15 dan R20. Yang minat jadi pemakai R20 nya pertama di Indonesia, kontak AutoDistro ya…

5. Mulai perhatian ke Off Road

Munculnya satu lini baru di 2013 ini yang diberi nama All Road, bisa dibilang merupakan ‘come back‘ nya Enkei di 4×4 wheels. Sudah lama Enkei aftermarket ndak konsen ke cross country wheels. Kini, keseriusan mereka muncul dengan tipe jagoan  RPT1, yang merupakan desain turunan dari RPF1. Unsur racing nya juga dibawa, karena RPT1 diklaim siap untuk speed off road! Naaah, gak sabar nih liat RPT1 dipake para jipers di Indonesia!

RPT1, bakal laris nih di speed off road. Foto: Google

RPT1, bakal laris nih di speed off road. Foto: Google

Nah, sementara 5 faktor di atas itulah perubahan Enkei buat tahun 2013. Biar fair, nantikan artikel lainnya yang akan bahas juga tentang gimana para kompetitor Enkei menyikapi 2013 ya. Kita liat apa aja yang Rays, Work, BBS, dan Wedsport siapkan……

Mejeng dulu ah di booth Enkei...hehehe

Mejeng dulu ah di booth Enkei…hehehe

Advertisements
Comments
  1. yogadizz says:

    jacket loe tebel bener je….hahaha
    nice post brader….

  2. om Enkei NT03+M aka Spyder R15 / 4×100 msh ada barunya gak yach ? ada yang nawarin sekonnd 8.5 juta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s