Perhatikan detail carbon fibre di punggung Recaro Sport ini. Salah satu andalan 2013!

Perhatikan detail carbon kevlar di punggung Recaro Sportster ini. Salah satu andalan 2013!

Jepang selaku basis produksi Recaro kedua setelah Jerman merupakan tonggak utama dalam bisnis Recaro, khususnya di pasar Asia. Gak heran kalo inovasi terus dilakukan demi kelangsungan hidup bisnis jok mobil, baik OEM maupun aftermarket. Waktu saya ke Tokyo Auto Salon 2013, terlihat betapa serius nya Recaro mempersiapkan diri untuk menyambut tahun ini secara optimis.

Diliat dari ukuran booth, cara penyajian booth, pengembangan produk dan pelayanan yang prima, Recaro (Jepang) terlihat cukup percaya diri. Mereka gak perlu ngomong berbusa tentang kenyamanan dan keamanan first class seating nya Recaro, tapi mereka biarkan pengunjung experience. Semua produk terbaru Recaro, baik OEM maupun aftermarket semua ditebar untuk dicoba duduki, lengkap dengan penjelasannya. Total ada 34 tipe Recaro yang dipajang dan bisa dicoba satu per satu secara nyaman. Semuanya campuran dari jok OEM (yang diproduksi buat ATPM), Aftermarket dan tentunya Motorsport (jok balap).

Booth Recaro, desainnya open experience. Kita bisa cobain semua jok buat cari yang mana duduknya paling enak...

Booth Recaro, desainnya open experience. Kita bisa cobain semua jok buat cari yang mana duduknya paling enak…

Saya memberanikan diri untuk mencari narasumber yang fasih English dari pihak Recaro, dan female presenter yang super manis pun menghadirkan seorang Sales Manager dengan English yang sepotong-sepotong – namanya pun saya lupa, hehehe.

Haeee....SPG Recaro yang ini baik banget deh....

Haeee….SPG Recaro yang ini baik banget deh….

Produk ground breaking kali ini adalah yang disebut Pure Seating concept seat (saya sendiri bingung sebenernya ini seri apa hehe). Klaimnya Recaro ini merupakan inovasi teranyar Recaro dalam mewujudkan “ideal for car seats”, di mana unsur ergonomic (termasuk kesehatan dan safety), comfort dan desain yang spektakuler melebur sempurna dalam sebuah produk jok mobil. Yang paling mencolok tentu desainnya. Belum pernah ada jok mobil atau Recaro sekalipun yang desainnya seunik itu. Kita tau, turunan utama lini Comfort Series nya Recaro seperti Style, LX, Ergomed, Orthopaed, atau lini Sport Series nya seperti Sportster, SR series, Sport, dan sebagainya, tidak ada yang se-ultimate Pure Seating.

Pure Seating. Desainnya radikal, duduknya super nyaman! Foto: Recaro

Pure Seating. Desainnya radikal, duduknya super nyaman! Foto: Recaro

Di mata saya,Pure Seating merupakan gabungan dari Sport Series & Comfort Series secara desain dan fungsi. Saya coba duduk, memang benar-benar beda dengan duduk di Recaro lain. Sulit dilukiskan dengan kata-kata, tapi memang experience nya beda banget. Apalagi dari sisi comfort nya. Asal tau aja, Pure Seating ini lightweight banget walaupun gak keliatan terbuat dari carbon-kevlar. Saat ini, Pure Seating ini masih belum dipasarkan aftermarket, namun ia sudah menjadi OEM seat untuk Mazda MX5 yang limited edition.

Pure Setaing di Mazda MX5

Pure Setaing di Mazda MX5. Foto: Recaro

Andalan Recaro sendiri pada tahun ini ada di pengembangan Recaro Sportster dari lini Sport Series. Sejumlah pengembangan dilakukan seperti menelurkan tipe Cross Sportster dengan model jahitan yang atraktif, juga beberapa fungsi kenyamanan lainnya, seperti penggunaan remote pada Sportster-JC.

Ultima, salah satu andalan full bucket nya Recaro

Ultima, salah satu andalan full bucket nya Recaro

Jagoan lain muncul dari Motor Sport Shell Series, lini produk full bucket yang especially built untuk balap. Recaro P1300GT dan Ultima 1.0, yang merupakan inovasi terbaru yang desainnya keren Ada juga Recaro SP-X Avant yang hanya dipasarkan di Jepun (JDM dong nih! Sayang saya gak sempet cobain euy!).

Ini dia P1300GT nya!

Ini dia P1300GT nya! Foto: Recaro

Sementara di lini Comfort Series, terus terang gak ada pengembangan yang nendang. Tipe LX tetap jadi andalan sebagai entry level, dan Style tetap diposisikan sebagai top line nya. Namun top of the line tentu tetap tipe yang ergono-compact seperti Magnifica, Ergomed dan Orthopaed.

Kesimpulan dari pameran Recaro di TAS 2013 ini sebenarnya adalah optimisme Recaro yang diwujudkan dengan lebih fokus ke pengembangan OEM untuk sales volume yang lebih tinggi. Bahkan the best seat aja – Pure Seating – dijadikan OEM! Jadi inilah strategi Recaro menghadapi sulitnya penjualan aftermarket dan motorsport…..Well, semoga sukses strateginya, supaya kelangsungan spare part nya tetap ada…..

Eh, buat yang masih bingung soal tipe-tipe Recaro, nanti di artikel lain kita bahas lebih dalam ya soal lini + tipe2 Recaro yaaaa….

Katalog Recaro Special Edition khusus untuk Tokyo Auto Salon 2013 ini bisa didapatkan di AutoDistro. Stok terbatas!

Katalog Recaro Special Edition khusus untuk Tokyo Auto Salon 2013 ini bisa didapatkan di AutoDistro. Stok terbatas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s