ETC Pivot 3drive di Outlander & Freed saya

ETC Pivot 3drive di Outlander & Freed saya

Berhubung belakangan banyak temen-temen komunitas yang nanya tentang produk ini, saya coba rangkum aja di sini semua pertanyaannya, semoga semua terjawab ya…..

Throttle controller (TC) adalah sebuah alat aftermarket yang berfungsi untuk memanipulasi sistem bukaan throttle sehingga bisa mnegatur besarnya bukaan throttle – yang biasa terjadi saat kita injak pedal gas. Alat ini hanya bisa digunakan oleh mobil yang sudah menerapkan teknologi Throttle by Wire (TbW) atau Drive by Wire (DbW), di mana mekanisme pembukaan throttle sudah diatur secara elektronik, bukan lagi menggunakan kabel mekanis pada mobil-mobil non DbW. Salah satu yang sering dikeluhkan pengguna mobil DbW adalah response time yang terasa lambat antara bejekan kaki di pedal gas dengan akselerasinya. Hal ini terjadi karena sistem DbW memang dirancang demikian untuk faktor safety sekaligus untuk mengukur kebiasaan pengemudi dan efisiensi tenaga serta bahan bakar. Nah, dengan memasang TC, sistem DbW semacam di-by pass, denagn merubah sinyal elektrik yang ada menggunakan  setting yang kita atur (pre-programmed) di modul TC. Hasilnya, akselerasi bisa lebih responsif selayaknya tanpa ada sistem DbW.

Namun perlu diluruskan, TC TIDAK mengkontribusi tenaga mobil, dalam arti  tidak akan ada kenaikan horse power, ataupun torsi/torque. Dia hanya ‘menghilangkan’ sistem DbW, sehingga akselerasi lebih responsif.

Ada beberapa macam TC yang beredar di pasaran, namun di sini saya hanya akan bahas yang saya ngerti aja ya: Pivot 3drive. Pivot termasuk yang paling dikenal secara brand, mungkin juga karena dia salah satu perintis produk ini. Merk Jepang lain yang saya pernah temui adalah Blitz dan WeaponR, sedangkan produk non Jepang jelas banyak beredar, seperti D1, Autogauge, Shadow, dll. Di piggyback sendiri biasanya juga ada modul khusus yang menggantikan fungsi TC. Misalnya di Dastek, fungsi TC dilakukan oleh Throttle Module (TM) – makanya kalo udah pake TC, ga perlu pake TM lagi.

Cihuynya TC seperti 3drive, dia punya 12 settingan. Semuan setting-an ini bisa diaktifkan dan dipindah-pindah kapan pun, termasuk saat mobil sedang berjalan, hanya dengan semudah memencet tombol. Setting yang tersedia sebagai berikut:

– Normal: ini persis seperti kondisi standar dan DbW pun berlaku seperti biasa. Makanya, kalo ada yang bilang bahwa pasang TC itu menggugurkan garansi mobil, mestinya sih enggak ya, karena fungsi DbW standar tetap nyala dengan setting-an Normal ini. Saya sendiri udah pake Pivot 3drive di 4 mobil terakhir saya, gak pernah ada masalah kok dengan garansi bengkel resmi.

– Sport (di display nya tertera sebagai SP): ini ada 7 level setting an, SP1 sampe SP7. Tenttunya setiap level memberikan kecepatan bukaan throttle yang berbeda, SP7 akan membuka paling cepat, di mana gas terasa enteng banget diinjek.

– Eco: sesuai namanya, ini bikin bukaan throttle lebih lambat, karena memang ditujukan untuk lebih irit bensin. Efeknya tentu jeda akselerasi semakin terasa kurang responsif. Cocok digunakan di jalan tol yang kurang membutuhkan gas yang agresif. Hati-hati, menggunakan Eco dengan cara gas agresif justru bisa bikin semakin boros bbm lho! Setelan Eco ada 5, dimana Eco5 semakin lambat dan kecil bukaan throttle yang diakomodirnya.

Sebenarnya tipe TC nya Pivot sendiri ada banyak. Dulu bentuk displaynya simpel (makanya tipenya disebut Compact), lalu sekarang keluar yang lebih keren dengan display lebih lebar. Display flat (lebih tipis dari display sebelumnya) sekarang paling favorit. Terakhir, Pivot mengeluarkan tipe alpha dan AC, yang sudah mengakomodir sistem Auto Cruise di modulnya. Klik sini buat line up lengkapnya.

Pivot 3drive unit dan harness unit nya sebenernya dijual terpisah

Pivot 3drive unit dan harness unit nya sebenernya dijual terpisah. Foto: modcom

Pemasangan Pivot 3drive (dan beberapa produk lain sejenis yang desainnya meniru Pivot, bahkan bentuk dan warnanya pun ditiru!) tidak sulit. Anda akan dapat 2 unit barang dalam pembelian Pivot 3drive: 1 unit Pivot 3drive, yang berbentuk display unit, dan 1 set kabel harness. Mohon diperhatikan bahwa harness tiap  tipe mobil bisa berbeda, makanya harus dipastikan harnes nya sesuai diperuntukkan bagi tipe mobil Anda. Caranya: copot soket dari pedal menuju sistem yang terhubung ke throttle, hubungkan ke  soket yang ada pada modul TC. Di harness ini mestinya sudah jelas kok colok ke soket obd nya gimana. Setelah itu, dikalibrasi dengan cara kontak mobil ON (tapi mesin ndak nyala). Modul akan membaca settingan yang tepat buat setiap settingan. Terakhir, tes aja. Saat gas diinjak penuh, angka bukaan throttle di display TC akan menampilkan 100.Gak susah kan? Tapi terus terang, saya tetap merekomendasikan pemasangan dilakukan oleh orang yang paham. Mending bayar ke tukang daripada salah masang dan korslet kan?

Tapi kenapa mesti Pivot yang harganya bisa 2x lipat dari produk sejenis buatan non Jepang? Saya hanya bisa bilang: harga gak bohong. Kualitasnya Pivot bukan sembarangan dan sudah teruji. Saya pake Pivot udah 4 tahun, gak pernah ada masalah.

Beberapa hal yang juga mesti diperhatikan saat Anda akan membeli atau memasang Pivot:

1. Pastikan bahwa Pivot anda asli. Seperti kita tau, barang palsu banyak beredar. Sebaiknya beli dari penjual yang dipercaya. Sebagai contoh, AutoDistro merupakan salah satu reseller produk-produk Pivot yang ambil langsung dari importir resmi yang ditunjuk Pivot, dan AD juga ndak jual produk TC non-Jepang.

2. Pastikan Anda mendapat garansi. Agak sulit mengklaim garansi ke Jepang, tapi setidaknya penjual Anda bisa tanggung jawab.

3. Pastikan Anda tes drive setelah pasang, perhatikan akselerasi dan kelistrikan mobil Anda. TC merupakan barang kelistrikan, di mana pemasangannya bisa memiliki efek ke elemen kelistrikan lainnya: lampu, audio, AC, wiper, dll.

4. Efek di tiap mobil bisa berbeda. Ada yang langsung responsif, bahkan gas dicolek sedikit, kepala langsung terasa ketarik ke belakang. Ini saya rasakan waktu saya pasang di Toyota New Vios. Sementara di Honda Freed, saya gak merasakan terlalu signifikan responsnya, walau lebih enak jauh ya daripada non TC. Di Suzuki Swift saya rasa gas gak jadi enteng, tapi akselerasi khususnya ke RPM tinggi lebih enak. Terakhir, saya pasang di Mitsubishi Outlander; respon OK, tapi tetap ada momen nya untuk akselerasi yang bener-bener enteng. So, kesimpulannya, gak bisa disamain persis efeknya pasang di TC di semua mobil….

Terakhir, pertanyaannya: apakah dengan pasang di mode Sport terus akan bikin boros bbm? Hmmmm….kalo dari pengalaman saya sih itu tergantung kaki kita aja ya. Di semua mobil saya selalu saya set di Sport, dan saya masih bisa dapet konsumsi bbm yang sesuai dengan spek mobilnya kok….Cuma memang dengan lebih entengnya pedal gas, kaki suka jadi lebih gatel, akhirnya malah doyan nge-gas melulu. Ya gak heran jadi boros bensin kalo gitu… hehehe…..

Demikian, semoga membantu yaaaa….

TC keluran Weapon R, namanya I-Throttle. Bentuk dan fungsi bener-bener sama kayak Pivot 3drive

TC keluaran Weapon R, namanya I-Throttle. Bentuk dan fungsi bener-bener sama kayak Pivot 3drive. Foto: Google

Merk Jepang lain yang juga banyak dipakai: Blitz Throttle Controller. Foto: Google

Note: tulisan ini sama sekali bukan promosi, penulis tidak menerima imbalan apapun dari brand yang disebut di sini.

Advertisements
Comments
  1. Oei says:

    kalau beli sudah dapet harnessnya nggak ya?

  2. prabowo says:

    “Cihuynya TC seperti 3drive, dia punya 12 settingan. Semuan setting-an ini bisa diaktifkan dan dipindah-pindah kapan pun, termasuk saat mobil sedang berjalan, hanya dengan semudah memencet tombol.” om mau nanya..saya pakai 3d flat juga buat freed..teman saya bilang kalo mau pindah2 harus dalam kondisi berhenti dulu..gak tau buat safety atau takut rusak..saya iya in aja usulnya om..kira2 yang benar yg gimana om? saya sih manut teman..pindah2nya waktu pas mo jalan dr rumah or pas berhenti lampu merah hehe atau kalo kepaksa sih minggir dulu, berhenti baru pindahin..minta pencerahan om..

  3. Resta says:

    Sy sudah pasang di honda freed keluaran pivot, manakala sedang jalan tulisan pada display suka berubah ubah, katakanlah di set di SP 5, kadang mucul A 15 atau A 20, apakah normal?.. Trims

    • A atau R? Emang gitu. Angka di belakang menunjukkan bukaan throttle. Gunanya apa kalo kita tau bukaan throttle? Semakain besar angka, berarti semakin besar bukaan throttle, berarti juga semakin besar konsumsi udara+ bensin dan tenaga akan bertambah. Dgn tau angka ini, kita bisa ” atur” kaki kita. Kl mau mau irit bensin ya jangan sampe bukaannya throttle besar.

  4. Catur says:

    Hi, mau tanya, saya ada privot yang alpha, tapi bingung car speed signal ini diambil dari mana ( yang punya ga tau untuk honda mobilio ambil dari kabel ECU yang mana ).
    Apakah ini bisa diambil dari output VSS sensor langsung ? atau memang harus mencari di kabel yang ke ECU ?
    Terima kasih 🙂

    • Wah, kl soal teknis instalasi saya ga bisa jawab bos. Mending liat langsung. Sori ya bos…

      • arinacell says:

        minta dibantu setingan pivot cruise control, saya pasang di fortuner diesel at karena sering pake cipali, emang mantep di setingan eco 5 posisi kecepatan 80 km/jam bisa diperoleh 17,8 km/ltr , tapi kalo mau diset di atas 80 km/jam ngk mau padahal di petunjuk bisa dipake mulai 35 km/jam sampe 145 km/jam cuman ada tanda —–

      • Diulang lg mas: soal settingan teknis saya kurang paham. U/ Eco, bisa jadi juga tergantung mobilnya. Mgkn fortuner diesel emang ga bisa dibikin begitu.

      • Catur says:

        Hi, mungkin setting speed pulse setting nya salah? yang P-2 4 8 16 ( default nya P-4 menurut manual nya ).

  5. arinacell says:

    ya setting speed mulai bisa di pake 35 km/j sampe 80 km/j saat melaju diatas 80 km/j cruise control di pencet hanya muncul tanda – – – pas turun 80 km/jam atau dibawah itu bisa

  6. simon says:

    hi, saya punya outlander sport 2012 dan ingin pasang TC. ada nomer contactnya ga ya? lokasi dimana? thanks

  7. ardhy says:

    bos deje kalo mau pesan TC yang jepang dimana atau CP n brp harganya? thanks..

  8. arinacell says:

    wow sdh bisa di pake forti at 2015, caranya tekan agak lama kurang lebih 3 detik panah yg bawah pilih p4 sesuai bos catur recomen tks sekarang di cipali mantab

  9. Stefanus says:

    Dimana distributor pivot throttle yg asli? Tolong information nya. Thanks

  10. Dewanto Agung says:

    Bengkel nya masih sama seperti di GPS waze om? jlan Asem II? Mau kesana nieh. Setelah Pakai paketan simota tarikan memang lebih enteng dan enak buat selap selip. TAPI….!!! bensin masih aja boros. Bayangkan Freed saya dalkot 1:7 dan Luar kota 1:8

    Sepertinya ini gak normal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s